14 January 2015

Bintang Detroit Motor Show 2015

Detroit Motor Show mengawali pameran otomotif di awal tahun 2015 ini, banyak perusahaan otomotif memamerkan produk unggulan mereka di pameran ini. Tahun 2015 sepertinya akan menjadi tahun kebangkitan supercar lama yang beberapa tahun mati suri. Berikut saya hadirkan beberapa mobil yang menjadi bintang di pameran kali ini:



FORD GT

Setelah produk Ford GT sebelumnya yang mengakhiri produksi di tahun 2006, tidak ada kabar bahwa Ford berniat mengembangkan atau membangkitkan supercar ini. Di Detroit Motor Show 2015 ini, Ford mengejutkan bahwa pihak bahwa mereka akan memproduksi supercar ini lagi di tahun 2016, tepat 10 tahun setelah produksi terakhir varian ini. Kejutan dari Ford ini membuat saya menempatkan produk ini dalam daftar teratas bintang Detroit Motor Show.

JAGUAR F-PACE

Saya masukan Jaguar F-Pace karena produk ini menandai awal pabrikan Inggris ini bermain di segmen Crossover SUV. Selain itu, produk ini juga memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan mobil konsep yang mereka pajang di Frankfurt Motor Show 2013 yaitu Jaguar C-X17. Jaguar selama ini bermain di segmen saloon dan sport car. Baru kali ini Jags bermain di segmen ini. Kita lihat saja, apakah F-Pace bisa bersaing di pasar ketat Crossover SUV yang diisi Porsche Macan dan BMW X4.

CHEVROLET VOLT

OK, ini mobil lama. Tetapi saya masukkan di daftar ini karena Chevy berhasil membuat Sel Baterai Volt lebih kecil tetapi malah membuat volt bertambah daya jelajahnya. Good job Chevy!

HONDA NSX

Mungkin Honda NSX jadi satu-satunya pabrikan Jepang yang masuk di daftar ini. Jelas mobil ini masuk daftar ini, karena mobil ini sudah ditunggu-tunggu oleh car enthusiast di seluruh dunia. Sejak diproduksi terakhir 10 tahun yang lalu, memang banyak sekali rumor bertebaran di media bahwa NSX akan diproduksi kembali. Dengan kehadiran ini, bertambah lagi satu varian sport car produksi Jepang yang dibuat kembali, menyusul yang sebelumnya sudah diproduksi yaitu Nissan GTR dan Toyota FT86. Mazda RX, Toyota Supra, Mitsubishi GTO mana suaranya?

INFINITY Q60 CONCEPT

Mobil yang dibilang Infinity sebagai High Performance Sport Coupe ini mungkin salah satu mobil buatan Infinity dengan bentuk yang menarik. Dibekali dengan mesin 3 liter V6 berdaya 444 daya kuda, coupe ini bermaksud merongrong kedigdayaan BMW M4 dan Audi A5. Kita lihat saja apakah berhasil.

SHELBY MUSTANG GT350R

Satu-satunya Muscle Car yang muncul di daftar ini, Dibangun dengan spirit Shelby GT350 tahun 1965, mobil ini menjadi satu-satunya varian mustang yang track-capable. Karena alasan itu mobil ini saya masukkan dalam daftar. Dibekali tenaga 493 daya kuda, apakah dapat membangkitkan excitement mustang enthusisast? Mungkin Nicholas Cage bisa mencoba mencuri mobil ini lagi tanpa merusaknya :)

HYUNDAI SANTA CRUZ

Satu-satunya pabrikan Korea Selatan di daftar ini, Hyundai tampaknya hendak membidik pasar Amerika Serikat dengan mengeluarkan produk ini. Desainnya membuat semua pengunjung Detroit Motor Show mengerubunginya. Melihat mobil-mobil konsep beberapa tahun belakangan ini terealisasi sama seperti konsepnya, akan bagus bila Hyundai bisa merealisasi bentuk konsep ini ke produksi masalnya. Saya tunggu Hyundai :)

VOLVO S60 CROSS COUNTRY

Agak aneh memang, Cross Country sebenarnya adalah varian saloon yang dilengkapi kemampuan offroad, meski bukan offroad murni seperti kendaraan 4X4 kebanyakan. Mobil ini sebenarnya lebih cocok disebut sebagai crossover saloon. Jepang sebenarnya memiliki Lancer Evolution dan Subaru Impressa WRX yang berkemampuan offroad karena dikembangkan dari mobil rally mereka. Tapi sepertinya, tidak banyak pabrikan mobil eropa yang mengeluarkan varian ini dan lucunya, varian crossover merupakan salah satu varian laris di Eropa. Mungkin BMW mau bikin seri 5 berkemampuan offroad?

Itulah daftar mobil yang menurut saya menjadi bintang di Detroit Motor Show. Kecil sekali kemungkinan APM akan mendatangkan mobil-mobil tersebut ke Indonesia. Kalau kalian suka yang mana teman? Saya sendiri naksir NSX :)

Semoga berguna.

2 comments:

  1. cuma bisa ngeces dan mimpi ~ walau semoga menjadi kenyataan ~ , tp sayang Mitsubishi EVO sudah discontinue ya, eh bener kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua produk diatas udah nyata om Jus, kecuali Hyundai Santa Cruz yang perlu ditunggu produksi masalnya. Kalau soal masuk sini sih kurang tau juga. LanEvo discontinued dan rencananya mitsu mau ganti pake SUV/Crossover hybrid

      Delete