15 January 2015

Ford: Kami Tidak Akan membunuh Mesin V8!


Beberapa waktu yang lalu, beredar rumor bahwa Ford akan mengganti mesin mobil-mobil berperforma tinggi mereka dari mesin konvensional V8 ke mesin yang berkapasitas lebih kecil dengan nama dagang EcoBoost. Ketika para car enthusiast ditanya soal ini, jawaban mereka sama, "WTF Ford?"


Ford Mustang dan Ford F-150 SVT adalah beberapa produk Ford yang selama ini identik dengan performa tinggi. Bisa dibilang 2 produk itu masuk jajaran muscle car. Muscle car identik dengan performa tinggi dengan kapasitas mesin V8 yang berkapasitas besar. Akan jadi lelucon bila mesin yang sudah lazim digunakan tersebut diganti dengan mesin yang lebih kecil.


Pada Detroit Motor Show tahun ini, Ford menampik rumor tersebut. Dalam wawancara dengan Car Scoop, Manajer Komunikasi Ford Global Powertrain Technology, Paul Seredynski, menyampaikan bahwa tidak ada dasar nyata akan adanya rumor tersebut. Paul menyampaikan mesin V8 masih menjadi peranan penting dalam jajaran produk Ford, buktinya Ford Mustang GT yang diluncurkan tahun ini masih menggunakan mesin V8.

Lalu kenapa produk Ford GT dan F-150 Raptor memakai EcoBoost V6? Paul mengatakan bahwa adalah salah satu kunci penting dari mesin EcoBoost V6. Dengan mesin itu, kanopi belakang Ford GT bisa dibuat lebih sempit untuk menambah aerodinamika. Kenyataannya, EcoBoost V6 yang disematkan pada Ford GT memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin V8 6,2 liter sehingga akan meningkatkan efisiensi.

Kita tunggu saja di lapangan apa yang disampaikan oleh Paul.

No comments:

Post a Comment